Pempek Dos Isi Telur

Beberapa hari lalu saya membeli pempek kapal selam di sebuah supermarket. Rasanya cukup enak, lumayan untuk mengganjal perut. Sayang ukurannya agak terlalu kecil he he. Akhirnya keesokan harinya saya mencoba membuat pempek isi telur. Mau dibilang pempek kapal selam rasanya masih kurang pas, kurang besar. Tapi yang penting ukurannya lebih besar dibandingkan dengan yang saya beli kemarin, supaya lebih puas memakannya. Namun saya bukan membuat pempek tenggiri melainkan pempek dos. Sebelumnya saya pernah memposting resep pempek dos di sini. Saya hanya menambahkan jumlah kaldu bubuknya dan sagu taninya.

Bahan pempek:
1. 2 butir telur
2. 8 sdm terigu (rata)
3. 1 sdt garam
4. 4 sdt kaldu bubuk
5. 250 ml air
6. 25 sdm sagu tani (muncung)

Isi:
1. 1 butir telur, kocok lepas

Bahan cuka:
1. 500 ml air.
2. 2 sdm ebi.
3. 1 sdt garam.
4. 5 buah cabe rawit.
5. 3 buah cabe merah.
6. 100 ml air asam Jawa.
7. 1/2 bagian gula aren.

Cara membuat pempek:
1. Campur air dengan garam dan kaldu bubuk, didihkan.
2. Saat air mendidih, kecilkan api.
3. Tuang terigu sedikit demi sedikit dengan tangan kiri, sementara tangan kanan mengaduk adonan dengan cepat agar tidak gosong.
4. Saat adonan mengental, matikan api, biarkan sebentar sampai uapnya hilang.
5. Saat uap sudah hilang, masukkan 1 butir telur, aduk hingga rata.
6. Kemudian masukkan 1 butir telur lagi, aduk hingga rata.
7. Pindahkan adonan ke mangkuk atau baskom, tambahkan sagu tani sambil diuleni.
8. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit.
9. Ambil adonan, banyaknya tergantung ukuran pempek yang diinginkan, buat bentuk bola, lalu lubangi hingga menyerupai cangkir.
10. Isi dengan 4 sdt telur yang sudah dikocok lepas, beri jarak yang cukup antara isian dan tepi ‘cangkir’ agar isian tidak bocok.
11. Tutup pelan-pelan, saya mulai menutup dari 3 titik: ujung kanan, ujung kiri dan tengah, baru dirapatkan.
12. Saat sebagian adonan sudah dibentuk, mulai didihkan air.
13. Rebus adonan dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit agar telurnya matang.
14. Angkat dan tiriskan.
15. Panaskan minyak, goreng pempek hingga kecoklatan agar terasa garing renyah.
16. Potong menjadi 3 atau 4 bagian, sajikan dengan cuka.

Berhubung ini pertama kali membuat pempek isi telur jadi saya tidak mengisinya terlalu banyak. Lain kali mungkin saya akan membuat dengan isian lebih banyak atau membuat pempek kapal selam dengan isi 1 telur utuh. Sebelumnya saya membuat pempek dos tanpa isi dan dengan bentuk bulatan kecil. Tapi menurut saya memang lebih enak jika pempek dos ini dibuat dengan isi telur atau isian lainnya seperti tumisan kates/pepaya. Karena saat saya membuat adonan, jumlah kaldu bubuknya saya tambah, rasa pempeknya memang lebih gurih. Terlebih lagi, saya menggorengnya lebih lama jadi terasa garing dan gurih. Walau tanpa ikan tenggiri, pempek dos ini bisa nendang di perut, terlebih lagi karena makannya bisa nambah hi hi.

Satu pemikiran pada “Pempek Dos Isi Telur

Tinggalkan Balasan

