Nasi Kuning Manado

Selamat pagi, sarapan apa hari ini? Nasi goreng? Nasi uduk? Lontong sayur? Biasanya kalau sedang tidak membuat sesuatu untuk sarapan, saya membeli nasi uduk yang dijual oleh tetangga saya. Di gang rumah saya di Bandar Lampung ada beberapa orang tetangga yang menjual nasi uduk dan menu sarapan lain seperti lontong sayur. Satu gang kok yang menjual nasi uduk ada lebih dari 2 orang ya? Yah tapi yang namanya rezeki pasti ada saja dan tidak akan tertukar. Buktinya kalau membeli nasi uduknya kesiangan, bisa-bisa sudah habis semua he he.

Nah kalau di Manado tidak ada tetangga saya yang menjual nasi uduk karena menu sarapan favorit di sini adalah nasi kuning he he. Sepintas kalau melihat resep nasi kuning Manado di situs ini, bahan-bahannya hampir sama dengan bahan untuk membuat nasi uduk ya. Bedanya apa? Bedanya ya warnanya kuning karena diberi air kunyit. Ada lagi pembedanya? Biasanya nasi uduk di Bandar Lampung dijual dengan kering tempe atau tempe goreng, bihun, sambal goreng, telur dadar atau telur rebus, dan kerupuk. Nasi kuning Manado yang sering saya beli dilengkapi dengan kering kentang, bihun, sambal goreng dan abon ikan. Sebungkus nasi kuning dijual seharga Rp 6.000. Kalau ingin tambahan telur rebus, harganya bisa mencapai Rp 10.000.

Credit Pic

Ada warung nasi kuning yang terkenal di Manado, namanya Nasi Kuning Saroja. Nasi kuning yang dijual dibungkus dengan daun woka (semacam janur). Sudah lama sekali saya tidak makan nasi kuning ini. Nasi Kuning Saroja ini porsinya termasuk terlalu besar kalau untuk saya. Selain nasinya, pelengkapnya juga lebih banyak. Selain kentang juga ada potongan daging dan juga tak ketinggalan abon ikannya dan sambalnya. Kalau ditambah telur rebus dulu harganya Rp 15.000 untuk sebungkus nasi kuning. Jadi kangen makan nasi kuning ini, next time kalau makan di sini mungkin sepiring berdua saja dengan suami he he.

Iklan

3 pemikiran pada “Nasi Kuning Manado

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s