Brownies Cokelat Kukus

Reblog cerita saat membuat cake ulang tahun untuk Rayyaan. Di toko pasti banyak dijual cake ulang tahun yang jauh lebih bagus namun saya ingin membuat sendiri cake spesial untuk Rayyaan. Akhirnya saya pilih resep brownies cokelat kukus yang mudah membuatnya. Untuk hiasannya juga saya buat yang sederhana karena saya tidak bisa menghias cake he he. Saya hanya menggunakan whipped cream bubuk yang dicampur air es kemudian saya blender. Kemudian bagian atas cake saya olesi dengan whipped cream tersebut, ditaburi keju parut dan dihias dengan cokelat warna-warni. Rasa brownies cokelat dipadu whipped cream dan keju terasa yummy. Bagi yang ingin menggunakan brownies kukus sebagai cake ulang tahun tapi tidak bisa menghias cake, ada ide lain nih untuk menghiasnya. Cara ini memang belum pernah saya coba namun sepertinya cukup mudah. Buat buttercream cokelat, gunakan untuk melapisi seluruh permukaan cake. Setelah cake tertutup whipped cream, tempelkan cokelat Kit-Kat ke pinggiran cakenya, kemudian diikat dengan pita. Untuk bagian atas cakenya bisa ditutupi dengan meises warna-warni atau cokelat warna-warni.

Bahan-bahan:

1. 3 butir telur
2. 9 sdm gula pasir (merk Gulaku)
3. 9 sdm tepung protein sedang (merk Kunci Biru)
4. 3 sdm cokelat bubuk (merk Windmolen)
5. 1 sdt vanili bubuk
6. 1 sdm baking powder (merk Kopoe-Kopoe)
7. 1 sdm SP (merk Kopoe-Kopoe)
8. 150 gr margarin (merk Filma)
9. 150 gr dark cooking chocolate (merk Colatta)

Hiasan:

1. Whipped cream bubuk (petunjuk membuatnya ada di kemasan)
2. Air es
3. Keju
4. Cokelat warna-warni

Cara membuat:

1.. Potong-potong cokelatnya.
2. Lelehkan margarin, campur dengan potongan cokelat, aduk-aduk sampai cokelat meleleh.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang. Agar lebih cepat, saya mengocok dengan menggunakan blender.
4. Masukkan terigu, baking powder, cokelat bubuk, SP, dan campuran margarin-cokelat cair.
5. Aduk sebentar menggunakan blender agar adonan tercampur merata.
6. Oles loyang dengan margarin. Saya menggunakan loyang bulat berdiameter 20 cm.
7. Panaskan dandang atau panci kukusan, jangan lupa bungkus tutupnya dengan menggunakan lap bersih.
8. Lap bersih ini berguna untuk mencegah uap menetes ke permukaan kue.
9. Setelah dandang panas, masukkan loyang berisi adonan.
10. Kukus selama 30 menit.
11. Angkat loyang, tutup dengan papan alas kue, balikkan loyangnya, biarkan kue dingin.
12. Cake siap untuk dihias.

Credit Pic

Tinggalkan Balasan

