Bazar Kue Keliling

Minggu lalu rumah saya kedatangan tamu. Lebih tepatnya sih ada beberapa mahasiswa yang mengadakan bazar kue keliling he he. Menurut cerita suami, di Manado sering diadakan semacam bazar untuk penggalangan dana. Misalnya nih, saat ada peringatan Isra Mi’raj di masjid kampung kami, ibu-ibu pengajian membuat berbagai macam kue untuk dijual di bazar. Harganya memang lebih mahal, maksudnya keuntungannya untuk menambah biaya pembangunan masjid. Jadi tidak serta-merta ada yang keliling meminta sumbangan. Singkatnya sih para warga yang ingin membantu pembangunan masjid diberi buah tangan berupa kue-kue.

Nah sama seperti ibu-ibu pengajian di kampung saya, rupanya beberapa mahasiswa ini juga sedang menggalang dana. Sayangnya suami saya yang ‘menyambut’ mereka di teras tidak ingat ini penggalangan dana untuk apa. Sementara saya sedang sibuk meladeni Rayyaan bermain jadi hanya melihat sekilas ada sekitar 4 mahasiswa, 1 pria dan 3 perempuan, 2 diantaranya berjilbab, datang menawarkan kue yang dikemas dengan kotak. Mereka bercerita bahwa mereka adalah mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima), Tondano. Wow, jauh sekali ya dari Tondano. Ya mungkin mereka membeli atau membuat kue-kuenya di Manado baru kemudian berkeliling menawarkan (sok tau deh hi hi). Kalau kuenya ditolak kasihan he he, soalnya jauh-jauh dari Tondano dan salut juga melihat mereka berkeliling membawa kotak-kotak kue itu sampai ke Tikala yang kontur tanahnya naik turun.

Sekotak kue dihargai Rp 25.000,- dan isinya ada 4 kue: donat, bolu kukus, bolu cokelat dan kue sus. Kue-kuenya cukup enak dan ukurannya lumayan besar, bisa untuk cemilan pengganjal perut hi hi. Tiba-tiba saya jadi teringat anak pramuka di film-film kartun barat yang sering digambarkan menggalang dana dengan berjualan kue keliling. In my opinion it’s a lot of better, daripada ujug-ujug hanya meminta sumbangan, lebih asyik kalau orang diajak membeli sambil menyumbang/membantu. Terlebih untuk anak-anak atau seperti mahasiswa Unima tadi, bisa sambil melatih pede dan jiwa wirausaha. Semoga kuenya laris ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s