Bakmi Jawa Rebus

Sedang ingin makan yang berkuah dan hangat, lagi-lagi karena efek hujan di akhir pekan. Sebelumnya saya pernah membuat bakmi Jawa goreng, kali ini saya membuat yang versi rebus. Bumbunya hampir mirip, bedanya ya yang satu digoreng dan yang ini berkuah, cocok dengan cuaca mendung hujannya hari Sabtu kemarin.

Bahan:

1. 2 bungkus mie instan.
2. 1 butir telur.
3. 4 siung bawang merah.
4. 4 siung bawang putih.
5. 2 butir kemiri.
6. 3 sdm ebi.
7. Kecap manis, kecap ikan, garam, gula, lada bubuk secukupnya.
8. Minyak untuk menumis.
9. 1 buah tomat.
10. Taoge dan sayuran lain untuk pelengkap.
11. 500 ml air.

Cara membuat:

1. Buat orak arik telur, sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan ebi.
3. Tumis bumbu halus hingga harum.
4. Tuang 500 ml air, didihkan.
5. Masukkan mie, beri kecap manis, kecap ikan, garam, gula dan lada bubuk serta potongan tomat.
6. Biarkan mienya masak, tambahkan taoge, aduk sesekali.
7. Cicipi kuahnya, apabila sudah sesuai selera, sajikan mie dalam mangkuk, taburi bawang goreng.

Sebenarnya saat membuat mie ini, ada bahan yang lupa saya siapkan yaitu seledri he he. Rasanya mie ini kurang yang hijau-hijau karena saya tidak punya sawi. Rasanya bagaimana? Menurut saya nih, rasa dan aromanya mirip dengan mie tek-tek yang sering saya beli waktu kecil dulu. Hmm jadi bernostalgia, apa kabar Paklek penjual mie tek-tek itu ya. Anyway, ini mie sukses deh menghangatkan perut di hari hujan.

Tinggalkan Balasan

