Ikan Mas Bakar Rica RM. Sukur Jaya

Hari Sabtu kemarin saya dan keluarga berkunjung ke Pantai Firdaus di daerah Kema, Minahasa Utara. Namun di tulisan ini saya bukan ingin bercerita tentang pantainya, melainkan tentang tempat makan yang kami kunjungi sepulangnya dari sana. Tempat makan ini bernama RM Sukur Jaya yang tepatnya terletak di desa Sukur Km. 15, Airmadidi, Minahasa Utara. Saat kami tiba kira-kira pukul 11, hanya ada 2 meja yang terisi. Apakah rumah makan ini sepi? Kabarnya ini salah satu tempat makan yang terkenal di daerah ini dan banyak orang dari luar kota yang datang berkunjung. Menjelang pukul 12 siang, pengunjung mulai bertambah. Pengunjung di sebelah meja kami sepertinya datang ke Manado untuk urusan pekerjaan lalu menyempatkan diri berkunjung ke rumah makan ini. Pesanan mereka datang lebih cepat walaupun tiba setelah kami. Lho kok begitu? Iya, sepertinya mereka sebelumnya sudah memesan tempat dan makanan. Sementara kami tetap setia menunggu pesanan datang he he. Sambil menunggu pesanan datang, saya dan suami meladeni Rayyaan yang belajar naik turun undak-undakan di rumah makan itu. Sementara Eyangkungnya duduk santai sambil menikmati kopi. Rumah makan ini bentuknya memang semacam pondok panjang yang setengah terbuka. Jadi pengunjung bisa menyantap menu sambil menikmati semilir angin.

Lalu menu apa yang kami pesan? Yang terkenal di rumah makan ini adalah kepala ikan kakap bakar dengan bumbu rica. Tapi bukan ini yang kami pesan hi hi. Kami memesan ikan mas bakar bumbu rica dan cumi goreng tepung. Untuk sayurnya kami memesan cah kangkung dan tumis paku (pakis) yang ternyata dicampur dengan kembang kates alias bunga pepaya. Rasanya bagaimana? Cumi goreng tepungnya saya suka, rasanya gurih dan kriuk. Ikannya bagaimana? Ikannya juga enak, tidak ‘berasa tanah’. Bumbu rica dan sambalnya bagaimana? Buat saya sih kurang pedas hi hi. Dalam hati agak mengharapkan ada sambal terasi he he. Maaf ya bukan sambalnya tidak enak, ini cuma masalah selera. Lahir dan besar di Bandar Lampung yang tempat makannya banyak menyajikan ayam bakar atau ikan bakar dengan sambel terasi, lidah saya jadi sambel terasi-minded ha ha. Lalu cah kangkung dan tumis pakunya bagaimana? Cah kangkungnya juga cukup enak, Rayyaan juga sempat mencicipi nasi plus cah kangkungnya. Sayangnya saya malah lupa ikut menyantap tumis pakunya.

Nah soal harganya bagimana (ini juga penting he he). Seporsi ikan mas bakar tadi harganya Rp 55.000 dan cumi goreng tepung Rp 40.000. Untuk cah kangkung dan tumis pakunya dihargai Rp 8.000 dan Rp 9.000. Sementara seporsi nasi harganya Rp 6.000. Semua itu harga sebelum kena pajak ya he he. Nah kalau ada yang berkunjung ke Minahasa Utara dan mau mencicipi kepala ikan kakap bakar, ikan mas bakar, atau tumis paku, bisa mampir ke rumah makan ini. Yang mau ajak plus mentraktir saya sekeluarga juga boleh (ngarep) he he.

Iklan

3 pemikiran pada “Ikan Mas Bakar Rica RM. Sukur Jaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s