Brownies Ketan Hitam Kukus

Mau buat cake tapi takut gagal? Coba saja bikin brownies. Konon kabarnya brownies ini memang kue bantat alias gagal mengembang sempurna tapi rasanya uenak he he. In syaa Allah tidak bakal gagal membuat ‘kue gagal’ ini he he, trust this clumsy cook. Setelah sebelumnya alhamdulillah sukses mengeksekusi resep brownies cokelat kukus, kali ini saya ingin mengganti tepung terigunya dengan tepung ketan hitam. Sebelumnya saya pernah mencatat resep brownies ketan hitam, namun catatan saya menghilang ntah kemana. Akhirnya saya putuskan untuk memakai resep brownies kukus yang pernah saya coba. Karena saya tidak menemukan tepung ketan hitam di pasaran, mau tidak mau saya membuat sendiri tepungnya.

Bahan:

1. 1 butir telur.
2. 2 sdm gula pasir.
3. 1/4 sdt vanili bubuk.
4. 1/2 sdt baking powder.
5. 1/2 sdt SP.
6. 3 sdm margarin.
7. 1 blok dark cooking chocolate.
8. 3 sdm tepung beras ketan hitam.
9. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat tepung ketan hitam:

1. Cuci bersih ketan hitam, rendam selama 12 jam.
2. Tiriskan air rendamannya, kemudian jemur ketan hitam selama 6 jam.
3. Blender ketan hitam, ayak hasilnya sehingga didapatkan butiran tepung ketan hitam.

Cara membuat brownies:

1. Lelehkan margarin dan cokelat masaknya.
2. Kocok telur dan gula.
3. Masukkan SP, vanili, baking powder, dan tepung ketan hitam
4. Masukkan lelehar margarin-cokelat, aduk rata.
5. Siapkan cetakan silikon, olesi dengan minyak goreng secukupnya.
6. Tuang adonan.
7. Panaskan dandang atau panci kukusan, bungkus tutupnya dengan lap bersih.
8. Setelah dandang panas, masukkan cetakan.
9. Kukus selama 30 menit.
10. Setelah matang, sajikan brownies tetap di dalam cetakannya.

Untuk brownies ketan hitam ini saya sengaja tidak menambahkan cokelat bubuk karena saya tidak ingin rasa ketan hitamnya full tertutup rasa cokelatnya. Memang rasa cokelat masaknya masih lebih dominan, namun terasa kok perbedaan antara memakai terigu dan ketan hitam. Ternyata ketan hitam plus cokelat itu rasanya yummy sekali, jadi menyesal hanya bikin sedikit. Hmm jadi punya ide, kalau cokelat putih dipadu ketan hitam dibuat jadi brownies, rasanya bagaimana yaaaaa?

Sumber:

http://www.henipuspita.com/2013/10/brownies-kukus-cokelat-tanpa-mixer.html

5 pemikiran pada “Brownies Ketan Hitam Kukus

  1. Kalau di Pekanbaru tepung ketan hitamnya sudah ada mak, satu pack beratnya 1/2kg. Sudah pernah praktekkan resep lain, tapi untuk mengganti minyak sayurnya itu pakai apa ya? Lagi ngurang2i konsumsinya.

    • Sayang di sini belum nemu Mak. Yang namanya buat sendiri rasanya kurang halus tepungnya. Aku belum tau si alternatif lain untuk minyak sayurnya. Kalau tidak salah ada yang pernah pakai campuran santan & minyak canola, he he

Tinggalkan Balasan

