Pempek Tenggiri Isi Keju

Ada yang hobi makan pempek? Makanan khas Palembang ini memang bikin ketagihan. Rasa pempek yang gurih dipadu dengan cuka yang pedas membuat saya ingin makan pempek lagi dan lagi he he. Tidak sulit mendapatkan pempek di kota Bandar Lampung. Harganya bervariasi mulai dari 1.000 sampai 3.000 rupiah per buah. Makin enak jelas makin mahal he he. Yang jadi favorit saya adalah pempek ikan tenggiri. Di kios dekat rumah saya, pempek tenggiri dijual seharga Rp 2.500 per buahnya. Jenisnya bermacam-macam, ada pempek adaan, pempek isi kates, rebon, keju, sosis, pempek lenjer, dan pempek kulit. Ada juga pempek besar berisi telur alias pempek kapal selam yang dijual seharga Rp 12.000.Bagaimana dengan di Manado? Di sini juga ada kok yang menjual pempek tenggiri. Hanya harganya jauh lebih mahal. Mungkin karena ikan tenggiri lebih sudah didapat dan harganya lebih mahal dibandingkan di Bandar Lampung. Harga 1/2 kg fillet tenggiri di Manado hampir sama dengan 1 kg tenggiri di Bandar Lampung. Kalau pergi ke supermarket saya memang tidak selalu menemukan ikan jenis ini, apalagi yang sudah dalam bentuk ikan giling. Rasanya saya belum pernah menemukan ikan giling apapun selama berbelanja di sini. Kembali ke harga pempek di Manado, di sini rata-rata pempek dijual seharga Rp 4.000 per buah. Bagi yang hobi pempek, lumayan mahal juga ya harganya, karena kalau hanya makan 2-3 buah sekali makan rasanya kurang hi hi.

Nah, mumpung saya menemukan fillet tenggiri di supermarket saya ingin membuat pempek tenggiri sendiri. Karena saya tidak punya alat untuk menggiling daging, akhirnya saya memakai blender untuk menghaluskan filletnya. Soal resep pempek, sepertinya setiap orang mempunyai resep favoritnya masing-masing. Ada yang menggunakan 1 : 1 untuk ikan dan sagu taninya, ada yang 1 : 2, ada juga yang menggunakan 200 gr sagu tani untuk 1 kg ikan. Cara membuatnya juga terkadang ada sedikit perbedaan. Bagi saya tidak masalah resep dan cara mana yang dipakai, yang penting hasilnya enak he he. Satu hal yang pasti, kalau ingin ikannya makin terasa ya ikannya harus lebih banyak. Kali ini saya ingin membuat pempek isi keju seperti yang dulu pernah saya beli. Ini dia resep pempek isi keju ala saya:

Bahan pempek:

1. 250 gr fillet tenggiri.
2. 3 siung bawang putih, iris.
3. 3 sdt garam.
4. 1 butir telur.
5. 150 ml air es.
6. 30 sdm sagu tani.
7. Keju cheddar secukupnya, potong dadu.

Bahan cuka:

1. 3 siung bawang putih.
2. 2 sdm ebi.
3. 6 buah cabe rawit.
4. 4 buah cabe merah.
5. 1/2 bagian gula aren.
6. 600 ml air.
7. Asam Jawa secukupnya.

Cara membuat pempek:

1. Cuci bersih fillet tenggiri, pisahkan dari kulitnya agar pempek tidak hitam, potong dadu.
2. Campur potongan tenggiri dengan irisan bawang putih dan 150 ml air es, blender hingga halus.
3. Tuang adonan ikan ke dalam mangkuk, beri garam dan telur, uleni.
4. Tambahkan sagu tani sambil diuleni hingga rata, diamkan sebentar.
5. Rebus air untuk memasak adonan pempek, sementara itu bentuk adonan menjadi bola-bola, jangan lupa isi dengan keju cheddar.
6. Masak bola-bola pempek dalam air mendidih sampai pempek mengambang.
7. Angkat pempek dan tiriskan.
8. Setelah dingin pempek siap digoreng atau disimpan di dalam kulkas.

Cara membuat cuka:

1. Haluskan bawang putih, ebi, cabe rawit dan cabe merah dengan cara diblender (gunakan 150 ml air saja).
2. Rebus hasil blenderan tadi bersama 450 ml air dan 1/2 bagian gula aren sambil sesekali diaduk.
3. Sebelum mendidih, tambahkan asam Jawa.
4. Masak hingga mendidih dan saring cuka sebelum disimpan.

Dari resep ini didapatkan kurang lebih 20 buah pempek isi keju. Dengan perbandingan 250 gr tenggiri dan 30 sdm sagu tani, ikannya masih cukup terasa dan pempeknya juga empuk. Membeli pempek memang lebih praktis dibanding harus repot-repot membuat sendiri, tapi dengan sesekali membuat sendiri kita bisa menentukan ingin semakyus apa rasa ikannya dan ingin sebanyak apa makan pempeknya he he.

8 pemikiran pada “Pempek Tenggiri Isi Keju

  1. Mari kita tag halaman ini untuk arsip resep…saya juga suka banget mpek-mpek mak..tapi harus yang enak ya *catet..jadinya kalo ada temen ke palembang wajib harus bawain *hihihi

    jadi inget masih ada pem pek dua kantong di freezer + jadi laper -_________-

    *hehehehhe

  2. saya pernah bikin pempek ‘praktis’ (apa pula itu?? :D) hasil nyontek dari resep di blog. nah, kayaknya yang ini patut dicoba juga nih.. kira2 berhasil gak ya..
    salam kenal dan makasih buat sharing resepnya ya mbak.. 🙂

Tinggalkan Balasan

